Jengkol dan Petai Warnai Atlanta Fall Festival

By Admin

nusakini.com--Kemeriahan acara Fall Festival 2017 yang dilaksanakan di Atlanta oleh masyarakat Indonesia bekerjasama dengan Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Houston  pekan lalu didukung dengan berbagai macam makanan khas Indonesia dari berbagai daerah seperti masakan Padang, masakan Manado, masakan Sunda bahkan rendang Jengkol dan hidangan petai habis diserbu masyarakat. 

Fall Festival dihadiri oleh sekitar 500 masyarakat Indonesia di Negara Bagian Georgia yang beribukota di Atlanta. Acara tersebut diadakan sekali dalam setahun dan menjadi ajang silahturahmi antar masyarakat dan diaspora Indonesia yang berasal dari wilayah Georgia dan Florida.

Tercatat sekitar 3000 masyarakat Indonesia menetap di wilayah tersebut. Festival juga dimanfaatkan oleh Konsulat Jenderal RI di Houston untuk membuka Warung Konsuler dalam memberikan pelayanan kepada WNI untuk memperpanjang paspor maupun mendata ulang jumlah WNI yang ada di wilayah tersebut. 'Kami harus jemput bola dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait dokumen paspor' ujar Kalista Siregar, Konsul Konsuler KJRI Houston. 

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Houston Dr. Nana Yuliana dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat Indonesia membantu dalam ikut mempromosikan wisata Indonesia yang ditargetkan mencapai 20 juta wisatawan mancanegara sampai tahun 2019. Warga Indonesia yang berada di wilayah tersebut merupakan para wakil dan duta Indonesia yang langsung berinteraksi dengan warga Amerika Serikat (AS).

Kerjasama dan kemitraan pemerintah dan masyarakat dalam memajukan dan mendorong warga AS berkunjung ke Indonesia menjadi salah satu prioritas dalam diplomasi ekonomi, ujar Nana. 

Penasehat dan sesepuh masyarakat Indonesia Hadi Tresna yang telah bermukim di Atlanta puluhan tahun mendukung pernyataan Konjen RI. Beliau juga berharap perlunya kerjasama dengan salah satu universitas di Atlanta dengan universitas di Indonesia diperkuat dan menjadi elemen perekat hubungan Indonesia dan Amerika Serikat. Indonesia dan AS telah menandatangani 'Strategic Partnership' pada tahun 2015 dan skema tersebut harus diimplementasikan secara nyata. 

Fall Festival juga dimeriahkan dengan penampilan Gamelan yang dimainkan oleh mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di Emory University. Acara hiburan dan Poco-Poco menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam Festival tersebut. Salah satu warga menyampaikan bahwa makanan dan bumbu-bumbu dari Indonesia mudah di dapat di beberapa toko di Atlanta. (p/ab)